Senin, 30 Mei 2011

BULAN MEI, BULAN NYA MAHASISWA

HidupMahasiswa……….!!!!!!!!!!!!!!
Mahasiswa adalah individu-individu yang mempunyai idialisme yang tinggi dan dinamis dalam pergerakan serta pemikirannya sehingga mereka mampu melakukan sesuatu yang menurut sebagian orang lain adalah hal yang tidak mungkin.
          Dalam catatan sejarah internasional maupun nasional, mahasiswa mempunyai andil yang cukup penting dalam perkembangan suatu negera sebagai oposisi eksternal pemerintahan yang senantiasa berpikir dan bersikap kritis. Sehingga mampu menggoreskan tinta-tinta emas dalam sejarah. Salah satunya adalah kemenangan mahasiswa dari pemerintahan yang sangat tidak layak untuk memerintah, yaitu dengan tegaknya reformasi di negeri kita, Indonesia, pada tanggal 12 Mei 1998.
          Tak hanya itu saja sejarah yang pernah dicatat oleh mahasiswa di bulan mei. Berikutnya adalah peran mahasiswa (golongan pemuda terpelajar), di prakemerdekaan yaitu dengan membentuk suatu organisasi kepemudaan yang selanjutnya akan merubah semua pemikiran-pemikiran rakyat Indonesia dan menggugah semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan, dan kesadaran rakyat Indonesia untuk terlepas dari penjajahan bangsa asing. Organisasi tersebut bernama Budi Utumo yang lahir pada tanggal 20 Mei 1908, dan selanjutkan pada hari itu akan diperingati sebagai Hari Kebangkitan Bangsa.
          Pada bulan mei juga terjadi peristiwa yang sangat heroic dari  mahasiswa, yaitu turunnya seorang dictator penguasa rezim orde baru yang sudah berkuasa selama 32 tahun (Suharto) yang diturunkan secara paksa oleh  mahasiswa pada tanggal 21 mei 1998.
          Membaca pada catatan sejarah tersebut, memang tidak salah kalau bulan mei dikatakan sebagai bulanya para mahsiswa, karena catatan-catatan kegemilangan mahasiswa Indonesia tergores pada bulan Mei. Sehingga ini seharusnya menjadikan cambukan semangat kita sebagai mahasiswa,untuk bisa berbuat lebih baik lagi dari para pendahulu kita.
By :Jakariya Nugraha


Tidak ada komentar:

Posting Komentar